Stellantis mengatakan pada hari Jumat bahwa Kepala Eksekutif Carlos Tavares (tengah) akan pensiun pada awal tahun 2026, di tengah apa yang disebut Tavares sebagai “era Darwin” untuk industri otomotif global. Perusahaan yang bermasalah ini juga mengumumkan perubahan manajemen lainnya setelah penjualan anjlok pada kuartal ketiga. File foto: Christophe Petit Tesson/EPA
11 Oktober (UPI) — Stellantis mengatakan pada hari Jumat bahwa Kepala Eksekutif Carlos Tavares akan pensiun pada awal tahun 2026, ketika perusahaan yang bermasalah itu mengumumkan apa yang disebutnya perubahan manajemen yang ditargetkan di tengah lingkungan global yang bergejolak untuk industri otomotif.
Panitia khusus dewan direksi sedang berupaya mencari pengganti Tavares. Stellantis mengatakan panitia akan menyelesaikan pekerjaannya pada kuartal keempat tahun 2025.
“Di era industri otomotif Darwinian ini, adalah tugas dan tanggung jawab moral kita untuk beradaptasi dan bersiap menghadapi masa depan dengan memberikan layanan yang bersih, aman, dan terjangkau dengan lebih baik dan lebih cepat dibandingkan pesaing kita,” kata Tavares travel.
Strantis juga mengumumkan serangkaian pergantian kepemimpinan lainnya.
Stellantis mengatakan pada hari Jumat bahwa Antonio Filosa akan menjabat sebagai chief operating officer baru di Amerika Utara, selain perannya sebagai CEO merek Jeep, yang akan segera berlaku. Dia menggantikan Carlos Zarlenga, “yang posisi selanjutnya akan diumumkan lebih lanjut.”
Jean-Philippe Imparato adalah Chief Operating Officer baru di Eropa Raya. Dia juga akan terus menjabat sebagai CEO Pro One, menggantikan Uwe Hochgeschurtz, yang meninggalkan perusahaan.
Doug Ostermann adalah pejabat keuangan baru Stellantis, menggantikan Natalie Knight, yang meninggalkan perusahaan.
Gregoire Olivier menjadi CEO baru Stellantis China dan mempertahankan posisi Liaison Officer Leapmotor.
Santo Ficili akan mengambil alih sebagai CEO Maserati dan Alfa Romeo.
Stellantis juga memindahkan organisasi rantai pasokannya ke unit manufakturnya, yang dipimpin oleh Arnaud Deboeuf. Itu dipindahkan dari departemen pengadaan yang dipimpin oleh Maxine Picat.
“Anggota tim kepemimpinan yang baru ditunjuk akan memberikan kontribusi berharga terhadap tekad seluruh tim kami untuk menghadapi tantangan ke depan, memperkuat dan mempercepat transformasi kami menjadi perusahaan teknologi seluler pilihan,” kata Tavares.
Ketua Dewan Stellantis John Elian mengatakan dewan “dengan suara bulat mendukung Carlos Tavares dan perubahan penting yang diumumkan hari ini.”
“Kami yakin langkah-langkah untuk merampingkan organisasi kami ini akan memperkuat tim kepemimpinan kami dalam upaya mereka memulihkan kinerja perusahaan ke tingkat terdepan di industri,” katanya.
Penjualan Stellantis turun 20% pada kuartal ketiga tahun 2024, dan penjualan merek Chrysler dan Dodge masing-masing turun sebesar 47% dan 43%.
Perusahaan juga menarik kembali 154.000 kendaraan hybrid Jeep Wrangler dan Grand Cherokee pada 1 Oktober karena risiko kebakaran.
UAW menuduh Stellantis melanggar kontrak kerja dengan serikat pekerja terkait komitmen manufakturnya di Amerika. Serikat pekerja sedang mengadakan pemungutan suara untuk menyetujui pemogokan.
“Ribuan anggota UAW berkorban di garis piket untuk memenangkan kontrak ini, dan kami bermaksud untuk menegakkannya, bahkan jika itu berarti melakukan pemogokan lagi,” kata UAW dalam sebuah pernyataan di situsnya.
UAW mengatakan langkah Stellantis untuk memindahkan produksi Dodge Durango dari pabrik perakitan Detroit ke Kanada “akan mengakibatkan hilangnya ribuan pekerjaan di AS.”